tips olahraga masa pandemi
tips olahraga masa pandemi

Hati-hati salah olahraga, ini tipsnya Selama Pandemi!

Olahraga merupakan aktivitas luar ruangan yang sempat dilarang oleh pemerintah. Hal ini disinyalir untuk menekan tingkat penularan virus corona yang hingga kini belum menemukan titik terang. Namun, seiring berjalannya waktu pemerintah pada akhirnya mengeluarkan kebijakan new normal sebagai terobosan di tengah pandemi. Sehingga lambat laun aktivitas di luar ruangan berangsur pulih kembali.

Olahraga di ruang publik yang kini diizinkan kembali dengan memperhatikan beberapa hal sebagai bentuk protokol kesehatan. Menurut salah satu pakar kesehatan, masyarakat diharapkan menentukan terlebih dahulu tujuan olahraga yang hendak dilakukan. Menurutnya, tujuan olahraga yang dilakukan masyarakat adalah meningkatkan kekebalan tubuh di tengah New Normal, terutama setelah menjalani aktivitas bekerja dari rumah.

Lantas mengapa olahraga begitu penting dilakukan di tengah pandemi?

Pentingnya Aktivitas Fisik

Pada dasarnya daya tahan tubuh yang kuat adalah senjata utama dalam menghadapi virus Covid-19. Olahraga secara teratur mampu menjaga kesehatan, kebugaran, dan daya tahan tubuh. Selain itu, bagi orang-orang lanjut usia, aktivitas fisik dapat membantu menjaga keseimbangan tubuh sehingga mencegahnya dari terjatuh atau cedera. Sementara itu, bagi remaja maupun anak-anak olahraga dapat mendorong tumbuh kembang dan menurunkan risiko penyakit saat dewasa.

Aktivitas fisik ini tak hanya bermanfaat bagi bagi kesehatan fisik, tetapi kesehatan mental. Sebagai contoh, olahraga secara teratur selama 15-30 menit dapat memperbaiki mood anda sehingga mengurangi tingkat stress atau depresi, penurunan kognitif, dan mencegah terjadinya demensia.

Berbagai Olahraga yang Dapat Dilakukan Selama Pandemi

  • Yoga

Olahraga ini mungkin terkesan sederhana bagi beberapa orang. Namun, apabila dicermati lebih lanjut yoga dapat secara efektid membakar lemak dan membuat tubuh berkeringat apabila dilakukan dengan sungguh-sungguh. Tak hanya itu, beberapa bentuk latian yoga dapat membantu pikiran anda agar lebih rileks dan tenang.

  • Senam Aerobik

Senam aerobik dapat dengan mudah anda lakukan selama di rumah. Menariknya anda dapat melakukan aktivitas ini dengan mengikuti video tutorial yang kini dengan mudah dijumpai di Youtube. Selain itu, anda juga bisa melakukan senam aerobik bersama teman-teman di rumah masing-masing melalui berbagai aplikasi seperti zoom atau google meet.

  • Sit-up

Olahraga ini dapat dengan mudah anda lakukan di rumah. Bahkan anda bisa melakukan aktivitas fisik ini sambil mendengarkan musik favorit anda. Sit-up secara efektif mampu membakar lemak anda serta membantu anda mengatur pernapasan sehingga baik untuk kesehatan paru-paru dan jantung.

  • Bersepeda

Tak diragukan lagi, bersepeda begitu menarik perhatian masyarakat Indonesia. Kegiatannya yang mudah dan dapat dilakukan secara individual membuatnya digemari para muda-mudi dalam membasmi kebosanan selama di rumah saja. Selain itu, bersepeda memiliki berbagai manfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah menjaga kelenturan otot kaki. Namun, di balik itu semua anda dianjurkan agar tetap memperhatikan berbagai protokol kesehatan dan tata tertib lalu lintas dalam melaksanakan kegiatan satu ini.

Tips Aman Berolahraga Selama Pandemi

  1. Jaga jarak

Olahraga yang dilakukan di luar ruangan atau luar rumah membuat tubuh anda lebih rentan terkena virus corona. Oleh karena itu, anda harus memastikan bahwa ketika berolahraga tubuh anda berada dalam performa sehat atau fit. Kedua, anda juga wajib mematuhi aturan untuk menjaga jarak dengan orang-orang di sekitar anda.

  1. Cukupi hidrasi tubuh

Selama beraktivitas anda tak hanya membakar lemak, tetapi juga ion tubuh. Maka dalam melakukan kegiatan olahraga tertentu pastikan anda tetap mencukup kebutuhan cairan tubuh agar terhindar dari dehidrasi sewaktu berolahraga.

  1. Waktu ketika olahraga

Durasi waktu dalam aktivitas fisik perlu anda perhatikan juga. Olahraga tidak boleh dilakukan dalam porsi berlebihan karena akan menimbulkan masalah kesehatan. Usahakan melakukan aktivitas fisik sebanyak 3-5 kali dalam seminggu dalam durasi 30-35 menit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.