Tips Mudah Budidaya Tanaman Hidroponik Bagi Pemula!

Akibat pandemi Corona yang tengah berlangsung, sebagian masyarakat Indonesia memiliki waktu luang yang cukup berlimpah. Beberapa di antaranya menghabiskan waktu dengan kegiatan berkebun untuk mengusir kebosanan yang mulai melanda.

Salah satu teknik dalam berkebun yang baru-baru ini populer adalah teknik hidroponik. Hidroponik sendiri adalah budidaya tanaman dengan memanfaatkan air tanpa tanah sebagai media tanam. Hidroponik ditekankan untuk pemenuhan nutrisi pada tanaman.

Beberapa di antara anda mungkin tertarik dengan teknik budidaya ini. Namun, seringkali anda bingung harus memulai dari mana dan apa saja bahan atau alat yang dibutuhan. Oleh karena itu, salah satu pegiat tanaman hidroponik, Ika Ardhi tak segan membagikan beberapa tips untuk memulai budidaya hidroponik. Berikut ulasannya.

  • Gunakan peralatan sederhana

Langkah awal dalam melakukan budidaya tanaman hidroponik yaitu cukup menggunakan peralatan sederhana dan layak pakai yang anda miliki. Tidak perlu malu atau gengsi sehingga mengharuskan anda membeli semua peralatan baru dan mahal. Anda bisa memulai dengan menggunakan starter kit yang sederhana dan dapat dijumpai via online atau toko perkakas.

Anda juga dapat menggunakan beberapa peralatan rumah seperti baskom, ember, atau bahkan beberapa limbah plastik yang bisa anda daur ulang. Seperti botol minum, Styrofoam, sampai gelas air mineral.

  • Bergabung di forum pegiat hidroponik

Di era digital seperti sekarang bukan tidak mungkin apabila komunitas dapat dilakukan via online. Anda bisa memanfaatkan berbagai forum atau komunitas online untuk memperbanyak khazanah ilmu anda tentang budidaya tanaman hidroponik.         

Tak perlu malu atau sungkan untuk berbincang atau mengikuti diskusi online yang diadakan forum. Selain itu, anda juga dapat menambah relasi sesama pegiat tanaman. Anda juga dapat berbagi pengalaman atau saling menimba ilmu dengan beberapa pegiat yang mungkin telah menggeluti budidaya tanaman hidroponik cukup lama.

  • Pilihlah tanaman yang mudah

Dalam memulai budidaya hidroponik anda dapat menggunakan beberapa bakal tanaman yang mudah tumbuh dengan perawatan sederhana. Seperti halnya dengan tanaman yang sering dikonsumsi dan mudah dicari. Tanaman seperti sawi, bayam, atau bawang adalah beberapa contoh tanamanan yang mudah dibudidayakan. Selain itu, anda juga bisa mengonsumsi sendiri hasil panen tanaman anda.

  • Pemilihan tempat budidaya

Area penanaman budidaya juga tak kalah penting. Pastikan anda memilih area yang terkena matahari langsung. Untuk anda yang tinggal di kawasan urban juga tak perlu khawatir, anda tinggal menempatkan tanaman di daerah yang mampu menangkap sinar matahari kira-kira 3 jam lamanya. Namun, akan lebih baik apabila tanaman berada di tempat yang mendapat sinar matahari selama full seharian.

Beberapa tempat seperti pagar atau halaman rumah bisa anda manfaatkan sebagai area budidaya. Asalkan terbebas dari hama atau peliharaan yang mengganggu, maka tidak masalah.

  • Sterilisasi

Beberapa orang terkadang menyerah terlebih dahulu karena dengan teknik hidroponik maka tanaman akan cepat membusuk. Pembusukan yang terjadi dan tidak dapat ditanggulangi membuat budidaya hidroponik gagal.

Oleh karena itu, salah satu tips agar tanaman hidroponik tidak membusuk saat direndam air adalah pastikan tanaman atau bakal tanaman steril dan terbebas dari hama. Bersihkan pangkal batang sedangkan apabila ada batang yang mengalami pembusukan maka anda bisa membuang batang tersebut terlebih dahulu.

Di atas adalah beberapa tips bagi anda yang ingin memulai budidaya tanaman hidroponik. Selagi di rumah saja anda bisa memanfaatkan waktu dengan bijak, salah satu ide kegiatan untuk mengisi waktu luang adalah berkebun. Kunci dari keberhasilan budidaya ini adalah ketekunan dan jangan mudah menyerah. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.