Penyebab invalid trafik adsense
Penyebab invalid trafik adsense

Penyebab invalid trafik adsense

Penyebab invalid trafik adsense biasanya jadi pertanyaan para publisher sebab tidak ada indikasi atau faktor yang menentukan berapa nilai tersebut melainkan hanya sepihak oleh google adsense setelah dilakukan perhitungan secara detail oleh komputer. Pakah nilai invalid traffik bisa salah? mungkin saja sebab nilai tersebut akan berpengaruh baik itu ketidak sengajaan atau karena perhitungan komputasi yang tidak akurat.

Adsense sendiri merupakan yang paling populer di dunia sebab selain mendatangkan keuntungan dari menampilkan iklan baik itu di blog, di youtube maupun di aplikasi android publisher juga bisa mendapatkan tambahan trafik google search dari penggunaan jenis iklan “konten sesuai” pada adsense.

lalu bagaimana perhitungan invalid trafik pada adsense apakah kita bisa menghitungnya secara manual? tentu tidak seakurat yang bisa kita perhitungkan sebab selain nilai cpc yang berbeda tiap klik. Berapa klik yang tidak valid juga merupakan hal yang ambigu dan susah di analisa sendiri.

Tiga faktor adanya trafik tidak valid

Penyebab invalid trafik adsense

Hal paling umum dari perhitungan akhir penghasilan adalah penghasilan dari konten baik dari aplikasi, youtube, serta blog dikurangi oleh pendapatan dari invalid trafik. untuk mempermudah apa saja yang termasuk kategori invalid trafik adsense kita akan bahas di bawah ini.

Klik berulang oleh visitor

apa yang terjadi jika visitor blog melakukan klik berulang? secara sistem informasi google akan menganggap bahwa klik tersebut merupakan klik yang tidak valid alias disengaja untuk mendapatkan pundi pundi keuntungan tanpa memperhatikan keuntungan bagi pengiklan sendiri.

Pengiklan sejatinya mengiklanka produk mereka untuk mendapatkan trafik atau mengenalkan produk, jika terjadi klik secara berulang oleh visitor yang sama tentu tujuan tersebut tidak tercapai. Dari sinilah google akan menilai jika visitor mengklik iklan terus menerus akan dianggap BOT atau robot atau sebagai pihak yang dibayar.

Penggunaan VPN pada browser

Penyebab invalid trafik adsense selanjutnya adalah penggunaan virtual private number alias Menyembunyikan IP asli dan seolah oleh pengguna atau visitor berasal dari negara tertentu. dari sisi penghasilan tentu visitor atau pengklik iklan dari negara US atau eropa akan memiliki nilai CPC yang tinggi di bandingkan dari negara indonesia yang kebanyakan di bawah 1000 perak.

Aksi ini memang sering di gunakan oleh youtuber lokal untuk mengakali pendapatan mereka agar meningkat, namun dari sisi google akan berbeda. Konten dengan bahasa berbeda dengan bahasa umum lokasi visitor tentu tidak akan memperoleh views dengan durasi lama serta berulang.

Jika terdapat indikasi adanya perbedaan tersebut, maka google bisa saja mencurigai dan memberi sanksi berupa penonaktifan kerjasama alias demonetisasi.

Penempatan iklan yang tidak tepat

Ini biasanya berlaku bagi blog atau aplikasi android. penempatan iklan yang biasanya mengundang klik adalah salah satu penyebab invalid trafik adsense. Misalnya kita ingin scroll artikel kebawah namun secara tidak sengaja malah ngeklik iklan tentu ini dianggap tidak valid.

Secara umum google menginginkan visitor sendiri yang emmang mengklik iklan tersebut tanpa adanya ketidak sengajaan saat menjelajahi suatu blog. beberapa lokasi yang menjadi penyebab invalid trafik adalah :

  1. Iklan dibawah judul/header
  2. Iklan pop up
  3. Iklan yang menutupi artikel
  4. Iklan yang berdekatan dengan link/navigasi

Dari beberapa iklan tersebut kit abisa tau bahwa jangan pernah menempatkan iklan berdekatan dengan link atau navigasi agar ketidaksengajaan tersebut berkurang.

Baca juga artikel lain :

  1. Cara cepat verifikasi pin adsense dengan ktp
  2. Cara memasang lazy load adsense untuk website
  3. Kumpulan Kata Yang Dilarang Google Adsense
  4. Cara Mempercepat Loading Iklan Adsense Yang Lambat
  5. mengatasi url tidak ada di property google search console

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.