Mobil mati mendadak saat jalan
Mobil mati mendadak saat jalan

Mobil mati mendadak saat jalan, ini penyebabnya

Hallo sobat kotaklaten.com. kami sering membahas salah satu hobi yang sering di tekuni yaitu otomotif, kali ini masalah mobil mati mendadak saat jalan. Ada beberapa penyebab umum yang membuat mobil mati mendadak saat sedang digunakan, dalam kondisi ringan mobil masih bisa di starter namun jika kondisi agak berat mobil tidak bisa lagi di starter.

Saya ingin sharing pengalaman saat kami mengendarai mobil dalam perjalanan menuju ibukota jakarta dimana mobil yang kami kendarai mengalami mati mendadak saat jalan. Tidak ada indikasi apa apa sebelum mobil mengalami trouble namun malah mati mendadak saat jalan.

Kerusakan yang tidak terprediksi seperti inilah yang menyebabkan kita harus antisipasi sebelum melakukan perjalanan jauh menuju arah tujuan kita dengan memeriksa secara seksama beberapa komponen yang mungkin saja menyebabkan mobil mati mendadak saat jalan.

penyebab mobil mati mendadak saat jalan

Mobil mati mendadak saat jalan

di bawah ini adalah penyebab umum terjadinya mobok saat jalan atau mati. Sebelumnya mari kita cek indikasi mobil mengalami masalah saat jalan adalah.

  1. RPM mobil drop tiba tiba
  2. Kelistrikan mobil menjadi redup ( umumnya di cluster)
  3. Tenaga mobil ngempos sebelum mati mendadak
  4. Stir Powersteering menjadi berat
  5. Mati setelah pindah persneling ( bagi mobil manual)

Dari kelima ciri diatas kita bisa mengambil beberapa penyebab terjadinya kejadian tersebut atau menelaah dari sumber yang membuat mobil tidak bisa berjalan alias mogok saat jalan.

Dinamo ampere / alternator rusak

kelistrikan mobil saat mobil sudah distarter dan menyala bersumber dari satu komponen utama yaitu alternator, alat ini merupakan alat untuk mengubah energi gerak menjadi energi listrik. Komponen ini menghasilkan listrik untuk memberikan supply baik ke pengapian, lampu maupun aksesoris lain seperti audio dan Power window.

Aki hanya di gunakan saat starter awal hingga mesin menyala, jika sudah menyala maka alternator bertugas pula untuk memberikan supply listrik kepada accu agar tetap ON. JIkalau terjadi kerusakan pad aalternator maka komponen injeksi tidak mendapatkan supply arus dan membuat mobil mati mendadak.

Koil/busi mati mendadak

Ada tida komponen utama dalam pengapian yaitu, udara, bahan bakar dan API. Api di hasilkan dari koil yang terhubung ke busi serta menghasilkan listrik dari sinyal yang di berikan oleh ECU utnuk memulai pembakaran dan menentukan timing pembakaran yang tepat. Jika jalur pengapian mengalami kerusakna maka bisa saja mogok secara mendadak.

kejadian ini biasanya terjadi dengan gejala mesin bergetar jika salah satu koil mati, namun jika sudah dua buah atau lebih maka otomatis mobil akan mati tanpa bisa dinyalakan lagi sebab dengan dua koil rusak tidak mampu menjalankan mesin mobil.

Pompa bahan bakar mati biki mati

mobil injeksi bekerja dengan sistem semburan bahan bakar berbentuk kabut, jika tekanan pmpa bahan bakar lemah atau tanpa tekanan maka mobil otomatis menjadi tidak kuat menyemburkan atau mengalirkan bahan bakar ke arah injektor.

Injektor yang sudah terbuka kemungkinan tidak bisa mengalirkan bahan bakar menuju ruang pembakaran sehingga tidak lagi terjadi pembakaran untuk menggerakkan piston. Bagaimana cara cek kondisi pompa bahan bakar ini? gunakan pressure gauge untuk cek tekanan

baca : Cara mengukur tekanan fuel pump mobil injeksi

akhir kata :

3 penyebab mobil mati mendadak diatas bisa kalian gunakan untuk mendeteksi mana yang rusak atau mana yang jadi penyebab kerusakan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.