Peluang Usaha Bisnis Roti Bakery
Peluang Usaha Bisnis Roti Bakery

Mengintip Peluang Usaha Bisnis Roti Bakery

Selain nasi, roti juga menjadi salah satu makanan favorit orang Indonesia. Selain mengenyangkan, dalam sepotong roti juga mengandung banyak gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan di negara-negara barat ,roti justru dijadikan sebagai makanan pokok . Maka tak heran jika diluar negri banyak sekali berdiri toko-toko roti dan pasti selalu dipadati oleh para pembeli. Di Indonesia sendiri bisnis roti bisa dibilang menjadi salah satu peluang usaha yang lumayan profitabel. Mengingat konsumen makanan ini sangatlah luas serta dapat dikonsumsi oleh semua kalangan , dari mulai balita hingga lansia.

Meski modal yang dibutuhkan tidak sedikit, namun cukup banyak orang yang tertarik menggeluti bisnis ini. Bahkan tak sedikit dari mereka yang berhasil meraih kejayaan dari usaha toko roti dan bakery.  Termasuk anda pun bisa seperti mereka. Tinggal ada kemauan atau tidak. Serta pastinya adalah mental usaha yang harus dimatangkan sebelum terjun ke bisnis ini. 

MODAL USAHA ROTI BAKERY

Peluang Usaha Bisnis Roti Bakery

Jika bicara soal modal, untuk membuka bisnis sebuah toko roti tentu butuh modal awal yang lumayan menguras kantong. Dari mulai investasi alat, tempat, gaji karyawan dan modal lainnya. Tapi tak perlu khawatir, anda bisa merintis bisnis roti dengan skala rumahan lebih dulu. Anda hanya perlu menyiapkan beberapa alat yang dibutuhkan seperti oven, loyang, mixer, cetakan dan perlengkapan penunjang lainnya. 

Terlepas dari modal alat, pastinya anda juga harus paham betul tentang ilmu pembuatan roti. Bagaimana cara membuat roti yang enak dan disukai oleh para konsumen. Ini sangat penting karena akan berkaitan langsung dengan kualitas produk roti yang akan berpengaruh pada kepuasan pelanggan. Selain itu kualitas serta ciri khas roti bakal memungkinkan produk anda untuk bersaing dengan pengusaha sejenis. Hal ini menjadi salah satu tantangan bagi anda dalam menjalankan usaha nantinya.

Disamping itu anda juga wajib menentukan jenis roti yang akan menjadi ikon bisnis. Apakah itu roti-roti kecil untuk konsumsi harian atau jenis roti yang biasa digunakan sebagai oleh-oleh di acara-acara hajatan. Yang tentunya harus disesuaikan dengan skill dan peralatan produksi yang anda miliki. Setelah menentukan pilihan, kini anda bisa mulai memproduksi roti dengan skala kecil. Sebagai tahap awal promosi, anda bisa menitipkan roti buatan anda ke toko kelontong atau toko-toko roti terdekat. Untuk menjangkau zona promosi yang lebih luas, anda bia memanfaatkan media sosial seperti facebook & instagram. Sering-seringlah memposting iklan agar produk anda cepat dikenal masyarakat luas. 

Terakhir, salah satu kunci sukses dalam mengelola bisnis roti & bakery adalah inovasi . Sebagai pemilik sekaligus pengelola, sangat penting untuk memikirkan ide-ide baru yang akan menarik lebih banyak pelanggan. Meski bahan baku yang digunakan pada dasarnya sama , namun perlu adanya inovasi agar konsumen tidak cepat bosan dengan produk roti yang itu-itu saja. Nah disini anda dituntut memiliki kreatifitas yang tak terbatas. Terus kembangkan ide-ide baru tentang produk roti buatan anda. Dengan demikian bisnis yang anda kelola tetap bisa berjalan dan memiliki prospek jangka panjang. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.