Memulai bisnis youtube dan tiktok
Memulai bisnis youtube dan tiktok

Memulai bisnis youtube dan tiktok, mulai yuk

Hallo sobat kotaklaten.com kali ini kami akan membahas mengenai boomingnya memulai bisnis youtube dan tiktok di indonesia. Banyak sekali yang mulai melirik usaha ini bahkan sukses melalui kedua platform tersebut. Bisnis ini adalah kegiatan yang membutuhkan konsep dan keahlian dalam mengolah kata serta gambar dalma bentuk video.

Youtube adalah platform video milik google yang sebenarnya sudah lama dikenal oleh masyarakat indonesia. bahkan platform yang satu ini sudah di gemari oleh kalangan anak-anak sampai dewasa. Dewasa ini dengan semakin murahnya harga smartphone, popularitas youtube pun ulai melejit bahkan mengalahkan twitter dan instagram.
Data di bawah ini menunjukan grafik popularitas sosial media di tahun 2019. Data di ambil dari wizcase

Facebook tetap merajai penggunaan sosial media di tahun ini, Mungkin karena memang fiturnya yang semakin lenmgkap dengan adanya market place dan fitur fan page yang bisa di gunakan untuk monetisasi seperti youtube. Bagi yang belum mengetahui apa itu monetisasi dalam memulai bisnis youtube dan tiktok, jawaban singkatmnya adalah menghasilkan uang dari google dengan menjadi publisher iklan yang di tampilkan baik di akun youtube, fan page, atau website pribadi kita.

memulai bisnis youtube dan tiktok

Langkah meninisiasi bisnis youtube


Untuk memulai menghasilkan uang dari youtube, kita bisa memu;lai dengan beberapa langkah berikut :


Buatlah akun youtube 

kalian bisa memberi nama channel dengan nama bebas bisa kalian atur sesuai keinginan, namun pilihlah nama channel yang mudah diingat oleh  viewer dan subscriber. Agar jika nanti viewer kalian ingin mencari channel kalian lebih mudah. Jika kalian merasa membuat dari nol terasa sangat lama, kalian bisa membeli channel yang sudah monetisasi, namun berhati -hati;lah karena akun kalian bisa di retas kembali. belilah dari orang yang kalian percaya. 


Buatlah Video sendiri

Youtube memiliki alogaritma kesamaan video baik gambar atau suara, apabila ada yang sama maka otomatis akan memberi notifikasi kepada pengupload pertama tentang kesamaaan video ini. apabila pengupload video pertama merasa ini adalah hak cipta maka channel kalian akan terkena teguran hak cipta. 3 Kali pelanggaran akan mengakibatkan channel kalian dismonetisasi atau putus mitra sebagai publisher iklan di google.

Apabila pelanggaran sangat berat, kalian akan si hapus channelnya oleh youtube. Video konten ori juga bisa menjadi ciri khas kalian, maka apabila ada orang tertarik dengan konten kalian akan kembali lagi ke kalian untuk menonton video yang kalian upload.


Kumpulkan viewer dan subscriber sebanyak mungkin

subcriber dan viewer adalah kunci utama kalian dalam menghasilkan sebanyak-banyaknya uang. semakin banyak viewer kalian  maka akan semakin banyak uang yang dihasilkan. ada yang bilang setiap 50-1000 view akan mendapat 1$. di website saya saja setiap 1000 penayangan akan menghasilkan sekitar 2,5$. jadi mungkin saja bisa lebih ya.
Viewer ini juga sangat erat kaitanya demgan konten kalian, gunakan konten yang memang booming di saat itu. atau pertahankan idealis kalian dengan market yang memang punya passion tersendiri. Bagi yang belum pernah mengajukan monetisasi, kalian bisa mengumpulkan 4000 jam tayang dan 1000 subscriber dahulu sebelum mengajukan peninjauan monetisasi.

Share videomu ke sosial media

Youtubers, banyak cara agar video kalian ditonton oleh banyak orang. salahsatunya adalah dengan sharing videomu ke group-group facebook, instagram, dan sosial media lain. Ini memang termasuk cara spamming namun sampe saat ini masih berguna untuk menghasilkan backlink menuju channel youtube kalian. Namun jangan lupa untuk mencantumkan nama Channel kalian di video yang kalian share agar orang dengan mudah searching channel youtube kalian.


lalu bagaimana jika semua sudah dilakukan dan penghasilan dari youtube sudah banyak? untuk mencairkan uang penghasilan dari youtube. 

Langkah pertama 


Kalian adalah verifikasi alamat akun adsense kalian. jika sudah mencapai 10$ maka kita bisa request untuk pengajuan pin, pin ini berguna untuk memverifikasi alamat kita apakah sesuai dengan alamat pembayaran atau tidak maka jangan salah saat menginput alamat pembayaran di akun adsense kalian.


Kedua,

jika penghasilan kalian sudah mencapai minmal 100$ kalian bisa memverifikasi akun bank di akun adsense kalian, caranya adalah dengan memasukkan no mor rekening sesuai dengan yang kalian miliki. setelah itu pihak google akan mentransfer sekian rupiah sebagai verifikasi rekening. Bila sudah berhasil maka setiap tanggal 22 tiap bulannya kalian akan menerima pembayaran sesuai penghasilan kalian di youtube.

Baca juga :

  1. Waralaba janji jiwa bisnis kopi 2021
  2. Penyebab Karir yang stuck , stop it !
  3. Membangun Sukses Lewat Bisnis Katering Aqiqah


Demikian sobat kotaklaten.com cara  dan bagaimana memulai mendapat penghasilan di youtube, memulai telat lebih baik daripada nanti menyesal orang sudah sukses dengan youtubnya sedangkan kita masih berhenti melangkah untuk maju di youtube.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.