bisnis katering aqiqah
bisnis katering aqiqah

Membangun Sukses Lewat Bisnis Katering Aqiqah

Hallo sobat kotaklaten.com Istilah aqiqah tentu sudah tidak asing lagi khususnya bagi umat muslim kali ini kitakan membaas mengenai Bisnis Katering Aqiqah. Dalam agama Islam, aqiqah adalah pengorbanan hewan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas lahirnya seorang anak. Umat muslim di Indonesia biasanya menggunakan kambing sebagai hewan kurban dalam acara-acara aqiqah.

Dengan ketentuan 1 ekor untuk anak perempuan dan 2 ekor untuk anak laki-laki. Mengingat penduduk Indonesia mayoritas adalah umat islam, maka tak heran jika bisnis katering aqiqah jadi salah satu peluang usaha yang cukup prospektif. Apa lagi di jaman seperti sekarang ini orang-orang pasti ingin serba instan dan tak mau repot tentunya. Termasuk ketika menggelar acara aqiqah, kebanyakan orang tak mau repot mencari hewan kambing apa lagi untuk mengolahnya.

Alhasil, mereka akan lari ke jasa katering aqiqah untuk mengurus acara tersebut. Situasi inilah yang bisa dimanfaatkan untuk menciptakan peluang usaha melalui bisnis katering aqiqah. Untuk memulai bisnis ini dibutuhkan persiapan yang sangat matang agar bisnis yang dikelola mampu memberikan prospek positif kedepannya.

Membuka usaha Bisnis Katering Aqiqah

Bisnis Katering Aqiqah

Nah bagi anda yang tertarik menggeluti bisnis katering aqiqah, silahkan simak baik-baik tips berikut ini. 

Persiapan Modal

Setiap bisnis, setiap usaha tentu membutuhkan modal agar bisa berjalan, termasuk bisnis katering aqiqah ini. Bisa dibilang modal yang dibutuhkan tidak sedikit. Seperti modal bahan baku misalnya, saat ini harga seekor kambing rata-rata dibandrol 1,5-3 juta rupiah per ekornya. Ditambah bahan baku bumbu untuk mengolah daging. Modal investasi alat memasak seperti kompor, wajan, tabung gas dan lain sebagainya. Dan jangan lupa modal untuk upah karyawan. 

Jika di total , modal mengolah pesanan aqiqah untuk satu ekor kambing katakanlah 5 juta rupiah. Bayangkan saja jika dalam satu hari anda mendapat order 5 paket katering aqiqah, tinggal dihitung saja berapa modal yang harus dikeluarkan. Namum disamping modal yang lumayan besar, jelas sebanding dengan omzet yang akan diraup nantinya. Jadi terkait perhitungan modal harus benar-benar dipersiapkan secara matang. 

Mencari pemasok Kambing yang berkualitas

Karena kambing merupakan bahan mutlak yang dibutuhkan dalam bisnis katering aqiqah, maka anda wajib mencari pemasok kambing yang berkulitas dengan harga terjangkau. Disamping itu bahan baku kambing juga harus memenuhi kriteria yang sudah ditentukan dalam syariat Islam. Diantaranya sehat dan tidak cacat, masuk usia layak potong dan memiliki berat minimal 16 kg. Untuk mendapat pasokan kambing, anda bisa bekerjasama dengan para peternak. Nilai plusnya, anda bisa mendapat harga lebih miring jika langsung mengambil dari peternakan. 

Menyajikan menu yang variatif

Untuk menarik minat para konsumen, anda harus menyajikan menu olahan daging yang variatif. Tanamkan prinsip bahwa apapun menu yang dipesan konsumen wajib untuk dilayani. Selain menu sate dan gulai, anda bisa menambahkan variasi menu lain seperti olahan kambing guling, semur, tongseng, steak dan olahan menarik lainnya. Olahan daging kambing nantinya akan dikemas dalam kotak bersama nasi dan kudapan lain. 

Beri harga yang terjangkau

Agar sajian katering aqiqah anda dapat dijangkau semua kalangan, maka alangkah baiknya anda memberikan harga yang bersahabat. Bedakan juga harga antara kambing besar dan kambing yang kecil. Misalnya paket 2 juta berupa satu ekor kambing yang diolah menjadi 300 tusuk sate dan 50 porsi gulai. Sedangkan paket 3 juta berisi 700 tusuk sate dan 100 porsi gulai. 

Strategi pemasaran

Peran strategi pemasaran sangat vital dalam sebuah usaha. Anda harus bisa memaksimalkan proses pemasaran agar bisnis katering aqiqah anda cepat dikenal masyarakat luas. Media sosial yang saat ini tengah gencar-gencarnya digandrungi masyarakat , bisa jadi lahan promosi yang empuk. Promosi juga bisa dilakukan dengan memberikan layan free delivery atau menyelipkan buku doa kedalam box nasi. 

Akhir kata :

Agar pemasaran lebih maksimal lagi, anda bisa menjalin kerjasama dengan rumah sakit bersalin. Strategi ini terbukti lumayan ampuh untuk meningkatkan jumlah penjualan. Intinya anda harus rajin-rajin melakukan promosi untuk bisa menarik perhatian konsumen. 

Baca juga artikel lain terkait usaha :

  1. Aplikasi beceer : bantu operasional Pasar
  2. Bisnis Ayam geprek yan beromset jutaan
  3. Peluang usaha mainan edukasi anak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.