Kipas radiator mobil nyala terus
Kipas radiator mobil nyala terus

Kipas radiator mobil nyala terus

Kipas radiator mobil nyala terus merupakan pertanda ada yang salah dengan sistem pendinginan mobil kita. Radiator di design untuk memberikan pendinginan pada mesin hingga mampu bekerja pada suhu ideal antara 82 hingga 95 derajat celcius, tidak boleh lebih. Apa yang terjadi jika lebih, overheat tentu.

Overheat adalah kondisi dimana mesin berjalan running dengan suhu sampai lebih dari 95 derajat celcius, untuk mobil model alma umumnya akan di tandai dengan jarum penunjuk tenperatur berada lebih dari garis tengah antara Heat ( H) dan cold ( C ). Apa yang membuat mesin menjadi overheat pernah kami bahas dalam penyebab umum mesin overheat.

Pada kasus berbeda, mesin mobil akan tetap panas meskipun pendinginan bagus namun sensor sensor mengalami bermasalah, indikasi dari kerusakan sistem pendinginan adalah Kipas radiator mobil nyala terus bahkan saat kita tidak menghidupkan ac mobil dan dalam kondisi idle.

Penyebab Kipas radiator mobil nyala terus

Kipas radiator mobil nyala terus

Penyebab umum dari kerusakan jenis ini terbagi atas ebberapa hal yang bisa kita lakukan analisa satu persatu mengenai kerusakan tersebut. Beberapa hal tersebut adalah

Thermostat macet

thermostat adalah satu komponen yang berada di bagian inlet radiator dan biasanya berada di sisi mesin yang berfungsi untuk membuka jalur air menuju radiator apabila suhu berada diatara 80 hingga 85 derajat celcius, jadi ketika mesin memiliki suhu tersebut otomatis air / coolant pendingin radiator akan bersirkulasi untuk mendapatkan pendinginan dari radiator dan kipas.

apabila terjadi kerusakan pada komponen ini maka suhu air yang berada di radiator akan tetap bertambah karena tidak ada sirkulasi dan proses pembuangan panas melalui kisi kisi radiator dan menyebabkan mesin akan menjadi terus naik hingga suhu maksimal.

Air radiator habis

Air radiator habis juga akan menyebabkan kipas terus menyala, sebab sensor ect mendapatkan sinyal masukan suhu berupa uap panas atau rambatan suhu panas yang akan semakin cepat terbaca di sisi sensor jika tanpa ada air atau pendingin.

Ini juga bisa menandakan bahwa kerusakan radiator membuat kipas terus berusaha mendinginkan mesin, jika sudah menyala terus menerus segera matikan mesin dan panggil towing atau bawa kebengkel terdekat untuk menghindari kerusakan sisi slinder head atau silinderblok.

Sensor ECT lemah/ rusak

Sensor ini adalah sensor pembaca suhu seperti temperatur reader, apabila suhu panas otomatis akan mengirimkan sinyal menuju ecu dan ecu akan memberikan respon berupa aktifasi kipas radiator sehigga suhu pendingin bisa di turunkan dan suhu mesin tetap terjaga antara 80 – 85 derajat celcius.

Kerusakan sensor ect juga sering di tandai dengan kipas menyala terus menerus dengan speed fan yang rata alias sama tanpa adanya pelan atau kencang. jika mengalami Kipas radiator mobil nyala terus seperti ini itu menandakan kerusakan bagian sensor ect.

ac menyala

Pada kondisi ac menyala kipas akan tetap menyala hanaya saja perbedaanya saat kompressor terhubung dengan arus listrik maka speed fan akan tinggi dan saat kompressor tidak aktif fan akan menyala dengan speed yang rendah. perhatikan kecepatan kipas radiator anda jika ingin memastikan kondisi normal karena ac.

namun jika di ikuti dengan naiknya temperature maka sudah pasti sistem pendinginan yan bermasalah. Segera lakukan perbaikan di bengkel terdekat

akibat kipas menyala terus ( Overheat)

Akibat yang di timbulkan dari kerusakan macam ni adalah sebagai berikut :

  1. SIlinder head emlengkung
  2. Blok mesin melengkung
  3. Oli mesin campur denga air
  4. Piston patah
  5. mesin macet

dari akibat terparah diatas, kemungkinan solusi terbaik adalah dengan turun mesin. jadi ketika temperature naik segera berhenti dan matikan mesin untuk menghindari kerusakan tersebut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.