Google Family Link Apk | Aplikasi Kontrol Anak Jarak Jauh

Kotaklaten.com – Kecanggihan teknologi dibidang digital kini telah merajalela, salah satunya handpone yang kini semua kalangan mulai dari orang tua sampai anak -anak pun kini sudah tak asing lagi memainkan smartphone atau Hp.

Namun kecanggihan teknologi ini tentu juga menimbulkan dampak yang dikhawatirkan oleh orang tua, apalagi jika anaknya sudah bisa memainkan smartphone.

Banyaknya kegiatan dan kesibukan yang dilakukan menjadikan kurangnya pengawasan orang tua dan kurangnya kon trol terhadap anaknya.

Akan tetapi, kini anda sebagai orang tua dapat mengontrol dan mengawasi kegiatan anak dalam menggunakan HP dengan menggunakan layanan dari Google.

Pada Maret 2017 Google telah meluncurkan sebuah layanan untuk mengawasi dan mengontrol hal apa saja yang dilakukan oleh anaknya dalam bentuk aplikasi yang bernama Google Family Link.

Baca juga: Buka Rekening BCA Online Lewat Aplikasi BCA Mobile Tanpa Ribet

Apa Itu Family Link?

Family link adalah sebuah aplikasi layanan yang dibuat oleh Google untuk digunakan oleh orang tua untuk mengontrol kegiatan dan menyesuaikan parameter dari perangkat yang digunakan oleh anak.

Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membatasi konten, menyetujui dan menolak akses aplikasi, memblokir situs dan mengijinkan situs, mengatur waktu pemakian perangkat dan masih banyak fitur lainnya,

Aplikasi Family Link ini dirancang untuk membantu anda sebagai orang tua untuk menerapkan sebuah aturan dispilin dan sebuah aturan dalam menggunakan internet maupun media online lainnya.

Dalam Family link ini anda akan membuat sebuah grup dan anak anda akan menjadi anggota dari grup dengan maksimal 4 anggota lainnya.

Untuk menggunakan layanan ini tentunya anda harus memilki akun google atau Gmail dan aplikasi Family Link. Berikut dibawah ini link untuk mengunduh aplikasi Family Link orang tua & Family Link anak – anak dan dewasa.

Family Link Orang Tua

Untuk dapat menjalankan layanan ini, orang tua dan anak harus memilki akun gmail sendiri agar dapat login dan masuk ke aplikasinya.

Jika sudah memilki akun google, anda sebagai orang tua harus memasukan akun gmail atau akun google anak ke grup anggota aplikasi Family Link.

Namun pastikan akun google pada Hp anak adalah akun satu – satunya yang dimliki dan tertaut pada smartphone, karena jika tidak Family Link akan secara otomatis menghapus akun google lain selain yang didaftarkan.

Untuk mendapatkan aplikasi Family Link, anda dapat mengunduhnya di Play Store atau bisa juga dengan klik DISINI. Meski memiliki nama yang sama, namun perangkat dan fungsi keduanya berbeda.

Baca juga: Bukti Kemajuan Teknologi Terbaru di Tahun 2021

Untuk aplikasi Family link yang digunakan anak, anda dapat memasukan kata kunci Family Link untuk anak – anak dan remaja pada Play Store atu klik DISINI.

Cara Menggunakan Google Family Link

Jika sudah mendownloadnya anda tinggal mendaftarkan akun google anda pada aplikasi Family Link. Namun setiap proses yang dilakukan berbeda dengan aplikasi untuk anak. Nah untuk lebih jelasnya berikut ini langkah – langkah untuk memanfaatkan Apk Family Link:

  1. (HP orang tua) Buka aplikasi Family Link untuk orang tua yang sudah di download,
  2. (HP orang tua) pilih akun google anak yang akan di awasi,
  3. (HP orang tua) aplikasi akan meminta untuk mendapatkan perangkat hp anak anda,klik berikutnya untuk mendapatkan kode yang digunakan untuk bertaut atau saling terhubung,
  4. (HP anak) buka aplikasi kemudian klik this devices,
  5. (HP anak) pilih akun google anak anda,
  6. (Kedua HP) HP anak akan meminta kode tautan dari HP orang tua, kemudian masukan kodenya,
  7. (HP anak) masukan akun google anak untuk verifikasi,
  8. (HP orang tua) Tekan berikutnya sampain aplikasi meminta menyelesaikan semua pengaturan yang ada,
  9. (HP orang tua) beri nama perangkat anak saat diminta,
  10. (HP orang tua) Jika sudah apk famiky link akan menanyakan aplikasi apa saja yang di izinkan untuk di buka oleh anak, selain itu anda juga dapat mengatur berapa lama anak untuk menggunakan aplikasi dan juga dapat memblokir aplikasi yang tidak di izinkan.

Baca juga: Memahami Apa Itu Refund Google Play dan Cara Menggunakannya

Aplikasi Family Link hanya dapat di gunakan oleh Hp dengan sistem operasi sudah Andorid dengan OS minimal 4.4 keatas dan iOS minimal 9.0.

Cara Menonaktifkan Kontrol Orang Tua di Family Link

Jika anda merasa sudah aman dengan anak anda tanpa harus adanya pengawasan, anda dapat menonaktifkan kontrol orang tua dengan cara berikut:

  1. Langkah pertama bukag.co/YourFamily kemudian login ke akun milik anda atau orang tua.
  2. Pilih akun anda atau orang tua.
  3. Pilih setelan orang tua, kemudian klik lainnya.
  4. Klik info akun pada menu sebelah kiri.
  5. Jika sudah klik hapus akun & data, selesai.

Anda juga dapat memulihkan akun yang telah dihapus, namun fitur ini hanya dapat digunakan oleh akun anak berusia dibawah 13 tahun.

  1. Buka g.co/YourFamily kemudian login dengan akun orang tua.
  2. Pilih menu kemudian klik pulihkan akun anak.
  3. Pulihkan akun, selesai.

Itulah beberapa ulasan singkat mengenai aplikasi Family Link yang mungkin dapat anda gunakan untuk mengontrol aktifitas anak dari jarak jauh. Semoga bermanfaat dan mudah di pahami oleh para pembaca Kotaklaten.com, terimakasih telah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.