ganjil genap jakarta hari ini
ganjil genap jakarta hari ini

Ganjil genap jakarta hari ini, Aturan dan dendanya

halo sobat kotaklaten.com kembali lagi kami ingin mengulas dan memberikan informasi mengenai ganjil genap jakarta hari ini. sistem pengaturan lalu lintas jakarta ini sebelumnya hanya di terapkan di tiga ruas umum yaitu Jl Sudirman, Jl MH Thamrin, Jl Rasuna Said selain itu masih diberlakukan biasa.

Melalui peraturan , Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo memberitahukan sejak juli sedang mempertimbangkan dan mengelola serta ingin menerbitkan aturan terkait perpanjangan sistem ganjil genap untuk berlaku sebagai aturan umum ganjil genap jakarta.

Aturan ini berlaku mulai 1 september 2021, selain perpanjangan ganjil genap jakarta hari ini ternyata sistem penanganan kemacetan ini akan di perpanjang menjadi 13 ruas titik jalan di jakarta, bagi kalian yang abru atau melintas di area jakarta pastikan untuk mengecheck jadwal ganjil genap agar terhindar dari denda.

apa si sistem ganjil genap itu?

ganjil genap jakarta hari ini

Dari foto diatas kalian bisa melihat bahwa sistem ini adalah sistem dimana hanya kendaraan dengan nomor belakang ganjil yang bisa melintas saat tanggal di posisi ganjil juga, dan sebaliknya hanya kendaraan yang ber nopol belakang genap termasuk 0 yang boleh melintas di ruas tersebut.

Aturan tersebut berlaku dua kali dalam satu hari yaitu pada pagi hari dan pada sore hari, cek dibawah ini untuk jam berlaku ganjil genapnya.

Pagi hariSore hari
Jam berlaku ganjil genap07.00 – 10.0016.00 – 20.00

selain waktu diatas maka di perbolehkan lewat baik kendaraan bernopol ganjil maupun kendaraan bernopol genap. Kendaraan sepeda motor tidak di kenakan aturan ini sebab hanya berlaku bagi kendaraan roda empat atau lebih seperti mobil pribadi, truk, bus, dan kontainer.

Selain itu kendaraan listrik juga bebas melintas Area ganjil genap dan tidak terpengaruh aturan ini.

Titik titik ganjil genap jakarta mulai 1 september 2021

  1. – Jl Sudirman
  2. – Jl MH Thamrin
  3. – Jl Rasuna Said
  4. – Jl Fatmawati
  5. – Jl Panglima Polim
  6. – Jl Sisingamangaraja
  7. – Jl MY Haryono
  8. – Jl Gatot Subroto
  9. – Jl S Parman
  10. – Jl Tomang Raya
  11. – Jl Gunung Sahari
  12. – Jl DI Panjaitan
  13. – Jl Ahmad Yani

Denda pelanggar aturan ini

Bagi pengendara yang melanggar ganjil genap akan di kenai sanksi ditilang dsesuai pasal Pasal 287 UU Lalu Lintas terkait pelanggaran rambu lalu lintas dengan denda maksimal Rp 500 ribu.

Selain tilang manual, tilang elektronik juga akan berlaku dijakarta jadi lebih waspada ya. Gunakan kendaraan sesuai tanggal atau lebih baik gunakan kendaraan umum agar bisa terhindar dari tilang serta lebih aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.