Cara cek data bansos secara online
Cara cek data bansos secara online

Cara cek data bansos online, buka disini

Hi sobat kotaklaten.com pada artikel sebelumnya kami membahas mengenai Link Bantuan Anak Pedagang di https//bit.ly/bantuan. Kali ini kami ingin berbagi pengetahuan cara cek data bansos BLT, BST, PKH dan PBI secara online bisa dilakukan sendiri tanpa harus datang ke kelurahan atau ke kementerian sosial untuk melakukan pendataan diri apakah terdaftar atau tidak.

Program ini sendiri sebenarnya merupakan bagian dari dukungan pemulihan ekonomi demi menghindari adanya kekacauan akibat pandemi covid 19 yang menerpa indonesia bahkan dunia. Melalui program ini diharapkan masyarakat kelas menengah kebawah dapat terbantu melewati pandemi.

Bantuan PKH, BLT, BST, dan PBI ini disetujui untuk di perpanjang hingga tahun 2022 yang mana berharap di tahun tersebut pandemi sudah berakhir dan bagi teman teman yang ragu apakah terdaftara sebagai penerima bantuan atau tidak, ikuti langkah dibawah ini untuk cek data bansos.

Cek bantuan bansos online ada 4 jenis BLT, BST, PKH dan PBI

Bagi yang belum tau, ada empat jenis bantuan yang di berikan kepada masyarakat oleh pemerintah melalui kementerian sosial yang mana keempat bantuan tersebut adalah BPNT, BST, PKH dan PBI.

Jika kita mengeceek status bantuan sosial melalui situs kementrian sosial maka akan tampils ebagai berikut ini : ada data nama, umur, status bantuan, dan keterangan proses.

Cara cek data bansos online

BPNT adalah Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang diberikan dalam bentuk non tunai dari pemerintah untuk KPM setiap bulannya untuk membeli bahan pangan di pedagang bahan pangan.

BST Bantuan Sosial Tunai (BST) adalah bantuan berupa uang tunai yang bersumber dari Kemensos diberikan kepada masyarakat berdasarkan pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Bantuan Langsung Tunai (BLT) adalah bantuan yang berasal dari alokasi dana desa yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat yang kehilangan mata pencaharian karena pandemik virus corona atau Covid-19.

Sedangkan PBI adalah penerima bantuan iuran yang diberikan kepada masyarakat untuk membantu emmbayar iuran BPJS kesehatan.

Cara cek data bansos secara online

  1. Buka web kemensos https://cekbansos.kemensos.go.id/
  2. Pilih Provinsi sesuai KTP
  3. Pilih Kota/kabupaten sesuai KTP
  4. Pilih kecamatan sesuai ktp
  5. Pilih Kelurahan
  6. Masukkan Nama penerima manfaat ( sesuai KTP)
  7. isi chaptha sesuai kode yang terlihat
  8. Klik Cari data

Setelah itu akan muncul data kalian apakah termasuk dalam data penerima bansos atau tidak, begitulah cara mudah cara cek data bansos secara online tanpa harus datang ke kelurahan atau ke kementerian sosial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.