Bisnis Jasa Desain Grafis
Bisnis Jasa Desain Grafis

Bisnis Jasa Desain Grafis, Manfaatkan Kreatifitas Jadi Sumber Penghasilan

Bisnis jasa desain grafis memang mampu menawarkan keuntungan bagi mereka yang kreatif dan ahli dalam bidang desain. Peluang bisnis ini tak luput dari semakin banyaknya pihak yang membutuhkan jasa desain untuk berbagai keperluan. Di bidang bisnis misalnya, jasa desain grafis sangat dicari untuk mendesain logo, membuat poster, bannner , kartu nama hingga untuk keperluan desain rumah. Nah, bagi anda yang kreatif dan memiliki skill mumpuni di dunia desain, maka tak ada salahnya untuk menjajal bisnis yang satu ini.

Terlebih untuk menjalankan bisnis jasa desain grafis anda tidak memerlukan modal yang besar. Modal utama yang anda butuhkan hanyalah skill yang baik di bidang desain plus keterampilan menggunakan softaware desain. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa bisnis desain grafis begitu menjanjikan. Dengan modal yang terbilang sangat minim, namun hasil yang dikantongi lumayan menggiurkan.

Pada dasarnya ada 3 jenis desain

Bisnis Jasa Desain Grafis

yang bisa menjadi peluang bisnis. Yaitu jasa desain grafis, jasa desain interior rumah dan jasa desain website. Masing-masing bidang tentu membutuhkan skill yang berbeda. Maka dari itu sebelum memulai bisnis ini , anda harus menyesuaikan dengan passion dan kemampuan yang anda miliki. 

Setelah modal skill sudah anda kantogi, kini anda tinggal menyiapkan peralatan dan sarana penunjangnya.

Dalam dunia bisnis jasa desain grafis peralatan pokok yang diperlukan pastinya adalah set komputer. Pemilihan set komputer juga sangat penting untuk melancarkan bisnis anda. Pasalnya jenis komputer yang digunakan untuk desain grafis tentu saja berbeda dengan komputer biasa. Baik hardware maupun softwarenya harus mumpuni agar memudahkan proses desain. Biasanya harga satu set komputer yang menunjang untuk kegiatan desain dibandrol dikisaran 3 sampai 4 jutaan. Tergantung merek dan fasilitas yang ditawarkan. 

Modal skill sudah, peralatan sudah, nah selanjutnya anda tinggal rajin-rajin melakukan promosi terkait bisnis jasa desain grafis ini. Untuk memudahkan dalam proses promosi, setidaknya anda harus memiliki website/blog dengan nama sendiri. Dalam website tersebut anda bisa memajang berbagai hasil desain yang telah anda buat sekaligus sebagai testimoni bagi konsumen yang memerlukan jasa desain anda. 

Selain itu promosi melalui situs-situs marketplace desain juga terbilang cukup ampuh. Banyak sekali situs marketplace dibidang desain yang bisa anda manfaatkan. Seperti Projets.co.id, sribu.com, freelancer.co.id dan lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk sering memajang iklan di jejaring sosial seperti facebook dan instagram agar  memperluas jangkauan promosi jasa desain grafis anda. 

Setelah 3 unsur penting itu berhasil anda penuhi. Kini tinggal menunggu pelanggan yang ingin menggunakan jasa desain grafis anda. Atau anda juga bisa mengikuti pameran-pameran desain untuk mengenalkan jasa anda ke publik. Siapa tahu di pameran anda bertemu dengan seorang pebisnis yang membutuhkan jasa desain, dengan begitu anda bisa langsung menjalin kerjasama. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.