Sikap tanggung jawab dalam pengembangan IPTEK
Perwujudan Sikap Tanggung Jawab Dalam Perkembangan IPTEK yang harus di ikuti oleh semua masyarakat pada suatu negara

5 Sikap Tanggung Jawab Dalam Pengembangan IPTEK

Sikap tanggung jawab dalam pengembangan IPTEK yang harus kita ambil

IPTEK adalah singkatan dari ilmu pengetahuan dan teknologi, yaitu suatu sumber informasi yang dapat meningkatkan pengetahuan ataupun wawasan dari seseorang dibidang teknologi. IPTEK juga dapat dikatakan segala sesuatu yang berhubungan dengan teknologi, baik itu penemuan yang terbaru atau lama yang bersangkutan dengan teknologi ataupun perkembangan dibidang teknologi itu sendiri. Berikut adalah perwujudan Sikap Tanggung Jawab Dalam Pengembangan IPTEK, manfaat kemajuan IPTEK bagi bangsa indonesia dan mengapa iptek sangat penting bagi bangsa indonesia?

Memang sudah tidak dapat dipungkiri bahwa kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan.

Inovasi demi inovasi selalu diciptakan untuk memberikan manfaat positif dan kemudahan untuk melakukan berbagai aktifitas. Walaupun pada awalnya inovasi tersebut banyak menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif. Hal inilah yang harus disadari betul untuk menyikapinya secara bijak.

Diawali dengan dampak positif perkembangan IPTEK yang memberikan berbagai kemudahan kepada manusia untuk menjalankan aktifitasnya. Terutama yang berhubungan dengan kegiatan perindustrian dan telekomunikasi.

Manfaat kemajuan IPTEK bagi bangsa indonesia adalah sebagai berikut :

  1. Kini untuk membajak sawah petani tidak lagi menguras tenaga dan waktu karena dengan mesin pembajak sawah yang ada sekarang  penanaman dapat lebih cepat di laksanakan tanpa memakan waktu yang lama dan tidak pula terlalu membutuhkan tenaga yang banyak.
  2. Yang kedua adalah mempermudah komunikasi. Dengan alat canggih bernama handphone, komunikasi adalah hal yang sangat mudah. Tidak perlu waktu yang lama, tidak peduli berapa jauh jaraknya, kapanpun dan dimanapun berkomunikasi dapat dilakukan. 

Dari amanat UUD NRI Tahun 1945 jelas bahwa pengembangan dan pemanfaatan IPTEK untuk meningkatkan kecerdasan dan kesejatraan rakyat secara lahir dan batin , itu semua harus mempertimbangkam kondisi yang ada dan memanfaatkan IPTEK Diindonesia tidak bebas nilai tetapi harus mempertimbangkan ligkungan dan nilai nilai sosial budaya kemasyarakatan dan agama yang ada di indonesia.

Usaha pengembangan dan pemanfaatan IPTEK, setiap manusia indonesia harus memiliki kearifan dan berpegang pada prinsip moral . Dengan demikian pemanfaat iptek dalam kegiatan pembamgunan tidak akan merusak lingkungan hidup, akan tetapi kalau iptek dimanfaatkan tanpa kearifan dan tidak dengan pertimbangan moral , kecenderungan untuk merusak lingkungan lebih besar. sikap tanggung jawab dalam pengembangan iptek

Sikap yang harus diambil dalam kemajuan perkembangan IPTEK.

  • Pengembangan harus memperhatika etika juga . 
  • Pengembangan harus memperhatikan aspek aspek lingkungan juga .
  • Pengembangan harus memperhatikan nilai guna iptek dalam kemaslahatan

Mengapa Kemajuan IPTEK sangat penting bagi indonesia? 

Karena dengan adanya iptek masyarakat indonesia akan semakin maju dan berkembang sehingga tidak tertinggal oleh negara maju lainnya
Semua permasalahan tersebut, harus mendapat penanganan serius agar dampak negatif dari internet dapat diminimalkan. Tidak bisa dipungkiri bahwa di balik manfaat perkembangan jaringan internet, juga menimbulkan banyak mudarat dan dampak yang mengkhawatirkan bagi setiap megara.

Dengan semakin berkembangannya IPTEK itu sendiri, sehingga menimbulkan efek negatif dan positif. Berikut adalah dampak positif dan negatif kemajuan iptek bagi indonesia. sikap tanggung jawab dalam pengembangan iptek

Dampak Positif Perkembangan IPTEK Bagi Bangsa Indonesia.

  • Dapat meringankan berbagai masalah yang sedang dihadapi oleh manusia dalam kegiatan sehari-hari.
  • Dapat membuat segala sesuatunya menjadi lebih cepat dan mudah.
  • IPTEK juga membawa manusia kearah lebih maju dan modern pada setiap tahunnya

Dampak Negatif Dari Perkembangan IPTEK Bagi bangsa indonesia.

  • Kemajuan iptek dapat merusak moral seseorang, dimana jaringan Internet menjadi media IPTEK yang dapat mempengaruhi moral dari seseorang. Seperti halnya  konten yang berbau negatif dan yang lainnya.
  • Kemajuan iptek dapat menimbulkan polusi. Perkembangan IPTEK yang semakin pesat dan banyak dimanfaatkan. Akan tetapi disamping itu banyak sekali polusi pencemaran yang dihasilkan dari perkembangan IPTEK itu sendiri.
  • Dapat membuat orang semakin malas, karena IPTEK memiliki tujuan untuk mempermudah & memanjakan manusia. Jadi manusia akan semakin malas sebab sudah ada teknologi yang dapat menggantikan dirinya bekerja.

Dampak pemgembangan iptek bagi negara indonesia

Namun dengan adanya pengembangan IPTEK  yang berdampak pada kebebasan dalam bertingkah laku  ini bukan berarti moral bangsa ini semakin membaik, faktanya kaum laki laki dan perempuan mulai menunjukkan kebebasannya dalam bermoral, bahkan yang lebih miris lagi, emansipasi wanita sudah mulai melonjak hingga melampai batas, sehingga menjadikan dunia ini terbalik. Yang mana seolah olah lelaki tidak dipandang sebagai seorang pemimpin lagi, atau pemberi nafkah dalam keluarga, akan tetapi wanita lebih dominan karirnya lebih tinggi daripada wanita, hal ini berdampak pada perubahan moral serta budaya bangsa yang terbangun sejak lama

Hal lain yang menjadi bomerang dalam menanggapi pengembangan IPTEK yang berdampak pada moralitas bangsa ini adalah keadaan tingkah laku remaja yang semakin menyakitkan, mereka lebih suka menjadi generasi penikmat atau konsumen dalam kehidupannya daripada membuat suatu penemuan penemuan yang itu bermanfaat bagi masyarakat. IPTEK yang berkembang di Indonesia saat ini adalah adopsi dari barat, dan akhirnya kita dibodohi oleh mereka yang ingin menguasai negara ini.

Tingkah laku remaja saat ini lebih memilih pada kenikmatan sesaat, bukan untuk masa depannya, Smart Phone, media sosial, internet telah menghipnotis mereka sehingga berdampak pada kerusakan moral, yang mengakibatkan adanya pergaulan bebas, penyalah gunaan narkoba, dan sejumlah kriminalitas lainnya yang telah membusuk di negara tercinta ini.

Untuk itu, dibutuhkan peran daripada pemerintah, pendidik, maupun orang tua yang memiliki tugas dalam mendidik anak demi mewujudkan generasi yang berbobot dan berdaya saing. Kebijakan – kebijakan yang menyangkut pada pendidikan karakter anak maupun remaja harus dibuat demi kecerdasan negara ini.

Pemerintah berhak mengatur dalam peraturan perundang undangan yang sejalan dengan tujuan pendidikan pembentukan bangsa, begitu pula seorang pendidik, mereka berhak membuat pengembangan pengembangan kurikulum guna terbentuknya kebijakan kebijakan yang mana bisa mengarahkan anak pada hal yang lebih positif.

sehingga anak disibukkan dengan kegiatan kegiatan yang positif pula, sedangkan orang tua memiliki tanggung jawab untuk mengontrol serta mengarahkan perkembangan pengetahuan anak agar tidak kebablasan.

2 komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.